Biaya Penggantian STNK Yang Hilang: Berapa Yang Harus Dikeluarkan?

  • Bagikan

Biaya Bikin Stnk Hilang 1

Panduan Langkah Demi Langkah Cara Biaya Bikin Stnk Hilang

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan di Indonesia. Bagi pemilik kendaraan, STNK adalah bukti kepemilikan yang sah serta menjadi persyaratan wajib untuk melakukan proses registrasi kendaraan, bayar pajak, serta melakukan perpanjangan masa berlaku STNK. Namun, terkadang ada beberapa kasus di mana STNK hilang. Jika kamu mengalami hal yang sama, berikut adalah panduan langkah demi langkah cara biaya bikin STNK hilang yang bisa kamu lakukan:

1. Laporkan kehilangan STNK ke polisi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika STNK hilang adalah melapor ke pihak kepolisian. Kepolisian akan memberikan surat kehilangan STNK yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti STNK yang hilang. Pastikan kamu membawa dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK, serta BPKB kendaraan.

2. Persiapkan biaya pembuatan STNK pengganti

Setelah melaporkan kehilangan STNK ke polisi, kamu harus mempersiapkan biaya pembuatan STNK pengganti. Biaya pembuatan STNK pengganti tergantung pada jenis kendaraan yang kamu miliki. Untuk motor, biaya pembuatan STNK pengganti sekitar Rp. 100.000, sedangkan untuk mobil biayanya sekitar Rp. 200.000.

3. Datang ke Samsat terdekat

Setelah kamu mempersiapkan biaya pembuatan STNK pengganti, langkah selanjutnya adalah datang ke Samsat terdekat. Pastikan kamu membawa dokumen-dokumen yang diperlukan seperti surat kehilangan STNK, STNK lama, KTP, serta BPKB kendaraan.

4. Antri di Samsat

Biasanya, di Samsat terdapat layanan antrian online yang bisa kamu gunakan untuk menghindari antrean panjang. Namun, jika tidak ada layanan antrian online, kamu harus sabar mengantre di loket pembuatan STNK pengganti.

5. Bayar biaya pembuatan STNK pengganti

Baca Juga  Exploring The Cost Of Studying In South Korea: Understanding Tuition Fees And Living Expenses

Setelah kamu mendapatkan nomor antrian, langkah selanjutnya adalah membayar biaya pembuatan STNK pengganti di loket pembayaran yang tersedia di Samsat. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai tanda bahwa kamu sudah membayar biaya pembuatan STNK pengganti.

6. Tunggu STNK pengganti jadi

Setelah membayar biaya pembuatan STNK pengganti, kamu harus menunggu beberapa waktu hingga STNK pengganti jadi. Biasanya, waktu tunggu pembuatan STNK pengganti sekitar 1-2 minggu tergantung dari Samsat yang kamu datangi.

7. Ambil STNK pengganti

Setelah STNK pengganti jadi, kamu harus datang ke Samsat kembali untuk mengambil STNK pengganti yang sudah jadi. Pastikan kamu membawa dokumen-dokumen yang diperlukan seperti surat kehilangan STNK, STNK lama, KTP, serta bukti pembayaran biaya pembuatan STNK pengganti.

7 Topik yang Berhubungan dengan Biaya Bikin STNK Hilang

1. Cara memperpanjang masa berlaku STNK

Setelah kamu mendapatkan STNK pengganti, pastikan kamu memperpanjang masa berlaku STNK agar kendaraanmu tetap legal dan dapat digunakan. Kamu bisa membayar biaya perpanjangan STNK di Samsat terdekat atau lewat aplikasi Samsat Online.

2. Biaya pembayaran pajak kendaraan

Selain biaya pembuatan STNK pengganti dan biaya perpanjangan masa berlaku STNK, kamu juga harus membayar pajak kendaraan setiap tahunnya. Biaya pajak kendaraan tergantung pada jenis kendaraan dan tahun kendaraan tersebut.

3. Cara memperpanjang masa berlaku SIM

Selain STNK, SIM juga harus diperpanjang masa berlakunya. Kamu bisa memperpanjang masa berlaku SIM di Kantor Satpas terdekat atau lewat aplikasi SIM Online.

4. Biaya pembuatan SIM baru

Jika kamu belum memiliki SIM atau SIM kamu hilang, kamu bisa membuat SIM baru di Kantor Satpas terdekat. Biaya pembuatan SIM baru tergantung pada jenis SIM yang kamu butuhkan.

Baca Juga  Terstruktur Dan Terukur.

5. Cara pembayaran pajak kendaraan lewat Samsat Online

Samsat Online merupakan aplikasi yang memudahkan kamu untuk membayar pajak kendaraan tanpa harus datang ke Samsat terdekat. Kamu hanya perlu mengisi data kendaraan dan nomor plat kendaraanmu.

6. Cara pembayaran pajak kendaraan lewat Mobile Banking

Selain lewat Samsat Online, kamu juga bisa membayar pajak kendaraan lewat Mobile Banking. Kamu hanya perlu memilih menu pembayaran pajak kendaraan dan mengisi data kendaraanmu.

7. Cara membayar denda tilang

Jika kamu mendapatkan tilang, kamu harus membayar denda tilang sebagai konsekuensi pelanggaran yang kamu lakukan. Kamu bisa membayar denda tilang di Kantor Satpas terdekat atau lewat aplikasi Tilang Online.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *