Estimasi Biaya Pembuatan SIM A Baru: Berapa Yang Harus Dikeluarkan?

  • Bagikan

Biaya Buat Sim A Baru 1

Panduan Lengkap Cara Biaya Buat Sim A Baru

Mendapatkan SIM A baru memang menjadi syarat wajib bagi setiap orang yang ingin mengendarai kendaraan bermotor. Namun, proses pembuatan SIM A baru tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan biaya yang harus dikeluarkan. Untuk itu, berikut panduan lengkap cara biaya buat SIM A baru yang harus kamu ketahui.

1. Persyaratan untuk Membuat SIM A Baru

Sebelum memulai proses pembuatan SIM A baru, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan antara lain:

– Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang telah memiliki KTP elektronik.
– Usia minimal 17 tahun pada saat pembuatan SIM A baru.
– Fotokopi KTP elektronik yang masih berlaku.
– Fotokopi Akta Kelahiran atau Kartu Keluarga (KK).
– Surat Keterangan Sehat jasmani dan rohani dari dokter.
– Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
– Pas Foto terbaru ukuran 4 x 6 cm (sebanyak 2 lembar).

2. Mengisi Formulir Pembuatan SIM A Baru

Setelah kamu memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir untuk pembuatan SIM A baru. Formulir tersebut dapat kamu dapatkan di kantor Samsat atau di loket pelayanan SIM.

3. Membayar Biaya Administrasi

Setelah mengisi formulir pembuatan SIM A baru, kamu akan dikenakan biaya administrasi yang harus dibayar. Besaran biaya administrasi tersebut berbeda-beda tergantung dari daerah tempat kamu tinggal. Biaya administrasi tersebut antara Rp. 125.000,- hingga Rp. 200.000,-.

4. Ujian Teori

Setelah membayar biaya administrasi, kamu akan diberikan jadwal ujian teori. Ujian teori ini bertujuan untuk menguji pengetahuan kamu tentang aturan berlalu lintas dan tanda-tanda lalu lintas yang ada. Ujian teori ini biasanya terdiri atas 40 pertanyaan dan kamu harus menjawab minimal 32 pertanyaan dengan benar.

Baca Juga  Perhitungan Biaya Membuat SIM A: Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?

5. Ujian Praktik

Setelah lulus ujian teori, kamu akan diberi jadwal ujian praktik. Ujian praktik ini bertujuan untuk menguji kemampuan kamu dalam mengemudikan kendaraan bermotor. Ujian praktik ini biasanya terdiri atas beberapa tahap, antara lain parkir, berkendara di jalan raya, dan putar balik.

6. Pengambilan SIM

Setelah kamu lulus ujian praktik, kamu dapat langsung mengambil SIM A baru kamu di kantor Samsat. Kamu akan diberikan sebuah kartu SIM A baru yang memiliki masa berlaku 5 tahun.

7. Perpanjangan SIM A

Setelah masa berlaku SIM A kamu habis, kamu harus memperpanjangnya dengan cara mengikuti proses pembuatan SIM A baru kembali. Namun, kali ini kamu hanya perlu mengikuti ujian teori dan ujian praktik saja tanpa harus mengisi formulir pembuatan SIM A baru.

Terkait dengan Biaya Buat SIM A Baru, terdapat beberapa topik yang berhubungan dengan pembuatan SIM A. Berikut adalah 7 topik yang berhubungan dengan Biaya Buat SIM A Baru.

1. Biaya Administrasi Pembuatan SIM A Baru

Biaya administrasi pembuatan SIM A baru adalah biaya yang harus dibayarkan dalam melakukan pembuatan SIM A baru. Biaya tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari daerah tempat kamu tinggal.

2. Biaya Ujian Teori dan Praktik

Biaya ujian teori dan praktik juga menjadi biaya yang harus dikeluarkan dalam pembuatan SIM A baru. Biaya ujian teori dan praktik biasanya tergantung dari daerah tempat kamu tinggal.

3. Dokumen yang Diperlukan untuk Pembuatan SIM A Baru

Dokumen yang diperlukan untuk pembuatan SIM A baru harus dipenuhi dengan benar sehingga proses pembuatan SIM A baru dapat berjalan lancar.

4. Syarat Usia untuk Pembuatan SIM A Baru

Syarat usia juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan SIM A baru. Usia yang diperbolehkan untuk pembuatan SIM A baru adalah minimal 17 tahun.

Baca Juga  Optimizing Business Career Opportunities In Tadika Puri With Affordable Airlines Cost

5. Persyaratan Kesehatan untuk Pembuatan SIM A Baru

Persyaratan kesehatan juga menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembuatan SIM A baru. Kamu harus mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.

6. Persyaratan Keamanan untuk Pembuatan SIM A Baru

Persyaratan keamanan juga menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembuatan SIM A baru. Kamu harus mendapatkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.

7. Masa Berlaku SIM A Baru

Masa berlaku SIM A baru adalah masa berlaku yang diberikan oleh pihak kepolisian dan biasanya berlaku selama 5 tahun. Setelah masa berlaku habis, kamu harus memperpanjangnya dengan cara yang sama seperti pembuatan SIM A baru.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *