Kisaran Biaya Pembuatan SKCK Dan Prosedur Yang Harus Dilakukan

  • Bagikan

Biaya Bikin Skck 1

Panduan Lengkap Biaya Bikin Skck dengan Langkah Demi Langkah

Setiap warga negara Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri atau melamar pekerjaan di dalam negeri biasanya membutuhkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK. SKCK adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian untuk menunjukkan bahwa pemegang SKCK bersih dari catatan kriminal. SKCK menjadi salah satu syarat penting dalam berbagai proses administrasi. Namun, sebelum bisa mendapatkan SKCK, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang biaya yang diperlukan untuk memproses pembuatan SKCK tersebut. Berikut adalah panduan lengkap biaya bikin SKCK dengan langkah demi langkah.

1. Mengetahui Persyaratan SKCK

Sebelum membahas biaya bikin SKCK, kamu harus mengetahui terlebih dahulu persyaratan SKCK. Beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, pas foto berwarna ukuran 4×6 cm, formulir permohonan SKCK yang telah diisi dan ditandatangani, dan fotokopi dokumen seperti ijazah atau sertifikat keahlian (jika diperlukan). Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan tersebut sebelum mengajukan permohonan SKCK.

2. Pilih Tempat Pembuatan SKCK

Ada beberapa pilihan tempat untuk membuat SKCK, seperti kantor polisi, kantor Kepolisian Daerah (Polda), atau kantor Reserse Kriminal (Reskrim) Polres terdekat. Kamu bisa memilih tempat yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Namun, pastikan juga bahwa tempat tersebut memiliki fasilitas dan pelayanan yang memadai serta memiliki reputasi yang baik.

3. Mendaftar Online atau Offline

Saat ini, kamu bisa memilih apakah ingin mendaftar permohonan SKCK secara online atau offline. Jika kamu memilih mendaftar secara online, kamu bisa mengunjungi situs web resmi kepolisian dan mengisi formulir permohonan SKCK secara online. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor registrasi dan harus datang ke kantor polisi yang telah ditentukan untuk melakukan verifikasi data dan pengambilan foto. Namun, jika kamu memilih mendaftar secara offline, kamu harus datang langsung ke kantor polisi dan mengisi formulir permohonan SKCK di sana.

Baca Juga  Optimalkan Investasi Dengan Menghitung Dan Mengendalikan Biaya Pembangunan Rumah Kontrakan

4. Membayar Biaya Administrasi

Setelah kamu mengisi formulir permohonan SKCK, selanjutnya kamu harus membayar biaya administrasi. Besarnya biaya administrasi bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing daerah. Namun, biasanya biaya administrasi untuk membuat SKCK berkisar antara Rp 30.000- Rp 50.000.

5. Proses Verifikasi Data dan Pengambilan Foto

Setelah membayar biaya administrasi, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi data dan pengambilan foto. Pada tahap ini, petugas kepolisian akan memeriksa formulir permohonan SKCK yang telah kamu isi dan melakukan pengambilan foto. Pastikan kamu mengenakan pakaian berwarna putih dengan latar belakang warna biru saat pengambilan foto.

6. Proses Pembuatan SKCK

Setelah verifikasi data dan pengambilan foto selesai dilakukan, selanjutnya SKCK akan diproses. Lama waktu pembuatan SKCK tergantung pada kebijakan masing-masing daerah, namun biasanya memakan waktu sekitar 1-2 minggu.

7. Pengambilan SKCK

Setelah SKCK selesai diproses, kamu bisa mengambil SKCK di kantor polisi yang telah ditentukan. Pastikan kamu membawa KTP asli dan bukti pembayaran biaya administrasi saat mengambil SKCK.

7 Topik yang Berhubungan dengan Biaya Bikin SKCK

1. Besarnya Biaya Administrasi untuk Membuat SKCK

Biaya administrasi untuk membuat SKCK bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing daerah. Namun, biasanya biaya administrasi untuk membuat SKCK berkisar antara Rp 30.000- Rp 50.000.

2. Persyaratan Membuat SKCK

Beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, pas foto berwarna ukuran 4×6 cm, formulir permohonan SKCK yang telah diisi dan ditandatangani, dan fotokopi dokumen seperti ijazah atau sertifikat keahlian (jika diperlukan).

3. Cara Mengajukan Permohonan SKCK secara Online

Jika kamu memilih mendaftar permohonan SKCK secara online, kamu bisa mengunjungi situs web resmi kepolisian dan mengisi formulir permohonan SKCK secara online. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor registrasi dan harus datang ke kantor polisi yang telah ditentukan untuk melakukan verifikasi data dan pengambilan foto.

Baca Juga  Perhitungan Biaya Admin BNI Ke BRI: Perbandingan Dan Tips Hemat

4. Cara Mengajukan Permohonan SKCK secara Offline

Jika kamu memilih mendaftar permohonan SKCK secara offline, kamu harus datang langsung ke kantor polisi dan mengisi formulir permohonan SKCK di sana.

5. Proses Verifikasi Data dan Pengambilan Foto

Pada tahap ini, petugas kepolisian akan memeriksa formulir permohonan SKCK yang telah kamu isi dan melakukan pengambilan foto. Pastikan kamu mengenakan pakaian berwarna putih dengan latar belakang warna biru saat pengambilan foto.

6. Proses Pembuatan SKCK

Lama waktu pembuatan SKCK tergantung pada kebijakan masing-masing daerah, namun biasanya memakan waktu sekitar 1-2 minggu.

7. Pengambilan SKCK

Setelah SKCK selesai diproses, kamu bisa mengambil SKCK di kantor polisi yang telah ditentukan. Pastikan kamu membawa KTP asli dan bukti pembayaran biaya administrasi saat mengambil SKCK.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *