Melihat Rincian Biaya Pembuatan SIM C: Apa Saja Yang Perlu Diketahui?

  • Bagikan

Biaya Buat Sim C 1

Panduan Langkah Demi Langkah Cara Biaya Buat Sim C

SIM C, atau Surat Izin Mengemudi kelas C, merupakan dokumen penting bagi seseorang yang ingin mengemudikan kendaraan bermotor di jalanan umum. SIM C dikeluarkan oleh pihak kepolisian dan harus diperpanjang setiap lima tahun sekali. Bagi yang belum memiliki SIM C, tentu harus melakukan proses pembuatan SIM C terlebih dahulu. Berikut adalah panduan langkah demi langkah cara biaya buat SIM C yang harus kamu ketahui.

1. Persyaratan untuk Membuat SIM C

Sebelum kamu membuat SIM C, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Persyaratan tersebut antara lain:

– Warga negara Indonesia
– Sudah berusia minimal 17 tahun
– Tidak buta warna total
– Memiliki KTP atau Kartu Keluarga asli dan fotokopi
– Membayar biaya administrasi
– Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter

2. Daftar Online

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar online melalui situs resmi kepolisian negara Republik Indonesia (Polri). Kamu hanya perlu mengisi formulir online dengan data yang diminta dan memilih jadwal tes SIM C. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor registrasi yang harus disimpan dan diingat.

3. Cetak Bukti Registrasi

Setelah berhasil mendaftar online, kamu harus mencetak bukti registrasi sebagai bukti bahwa kamu sudah terdaftar sebagai calon peserta tes SIM C. Bukti ini harus kamu bawa saat mengikuti tes.

4. Membayar Biaya Administrasi

Setelah mencetak bukti registrasi, kamu harus membayar biaya administrasi untuk membuat SIM C. Biaya administrasi ini bervariasi tergantung pada daerah dan jenis SIM yang akan diambil. Untuk SIM C, biaya administrasi berkisar antara Rp 135.000 hingga Rp 175.000.

Baca Juga  Berapa Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Tambal Gigi?

5. Melakukan Tes Teori

Setelah membayar biaya administrasi, langkah selanjutnya adalah mengikuti tes teori. Tes teori ini dapat dilakukan di kantor Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) terdekat atau bisa juga dilakukan secara online melalui aplikasi SIM online. Tes teori terdiri dari 30 soal dengan durasi 30 menit. Jika kamu lulus tes teori, maka kamu bisa melanjutkan ke tes praktek.

6. Melakukan Tes Praktek

Setelah lulus tes teori, kamu harus melakukan tes praktek di kantor Satpas. Tes praktek ini terdiri dari beberapa tahap, antara lain:

– Tes parkir
– Tes jalan lurus
– Tes berbelok
– Tes menghindar

Jika kamu lulus semua tahap tes praktek, maka kamu akan mendapatkan SIM C yang baru.

7. Mengambil SIM C

Langkah terakhir adalah mengambil SIM C yang sudah selesai dibuat. Kamu hanya perlu membawa bukti registrasi, bukti pembayaran administrasi, serta dokumen identitas asli dan fotokopi saat mengambil SIM C.

6 Topik Berhubungan dengan Biaya Buat SIM C

Selain panduan langkah demi langkah cara biaya buat SIM C, ada beberapa topik terkait biaya buat SIM C yang bisa kamu ketahui. Berikut adalah 6 topik berhubungan dengan biaya buat SIM C.

1. Jenis SIM

Biaya untuk membuat SIM C bisa berbeda dengan biaya untuk membuat jenis SIM yang lain. Ada beberapa jenis SIM yang bisa kamu ambil, antara lain SIM A, SIM B, dan SIM C. Biaya untuk membuat SIM A dan SIM B biasanya lebih mahal daripada biaya untuk membuat SIM C.

2. Daerah

Biaya untuk membuat SIM C juga bisa berbeda-beda tergantung dari daerah tempat kamu membuat SIM C. Biaya di daerah perkotaan biasanya lebih mahal daripada di daerah pedesaan.

Baca Juga  Biaya Lamaran Sederhana Di RumahTemukan Informasi Terkait Biaya Lamaran Sederhana Di Rumah, Mulai Dari Persiapan Hingga Pelaksanaannya. Hemat Waktu Dan Uang Dengan Tips Kami.

3. Biaya Administrasi

Biaya administrasi untuk membuat SIM C biasanya sudah termasuk biaya untuk pembuatan SIM internasional. Jadi, jika kamu ingin membuat SIM internasional, tidak perlu membayar biaya tambahan.

4. Biaya Perpanjangan

Setelah lima tahun, kamu harus memperpanjang SIM C. Biaya perpanjangan juga berbeda-beda tergantung dari daerah dan jenis SIM yang kamu ambil. Biaya perpanjangan ini biasanya lebih murah daripada biaya untuk membuat SIM baru.

5. Biaya Ujian Ulang

Jika kamu tidak lulus dalam tes teori atau tes praktek, kamu harus mengulang tes tersebut dan membayar biaya ujian ulang. Biaya untuk ujian ulang teori biasanya lebih murah daripada biaya untuk ujian ulang praktek.

6. Syarat Tambahan

Terkadang, ada syarat tambahan yang harus dipenuhi saat membuat SIM C. Misalnya, untuk daerah tertentu, kamu harus mengikuti kursus mengemudi terlebih dahulu sebelum bisa membuat SIM C. Biaya untuk kursus ini biasanya tidak termasuk dalam biaya administrasi untuk membuat SIM C.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap langkah demi langkah cara biaya buat SIM C yang harus kamu ketahui. Selain itu, kamu juga harus mengetahui beberapa topik terkait biaya buat SIM C yang sudah disebutkan di atas. Semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam membuat SIM C dengan lebih mudah dan efisien.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *