Perhitungan Biaya Borongan Bangun Rumah Per Meter Persegi Yang Efektif Dan Efisien

  • Bagikan

Biaya Borongan Bangun Rumah Per M2: Panduan Langkah Demi Langkah

Membangun rumah impian membutuhkan perencanaan yang matang dan teliti, terutama dalam menentukan biaya borongan bangun rumah per m2. Biaya borongan sendiri adalah harga keseluruhan untuk pekerjaan pembangunan rumah, termasuk material dan tenaga kerja. Dalam panduan ini, akan dijelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menentukan biaya borongan bangun rumah per m2 secara akurat.

1. Tentukan Tipe Rumah yang Ingin Dibangun

Sebelum menentukan biaya borongan, tentukan terlebih dahulu tipe rumah yang ingin dibangun. Ada beberapa tipe rumah yang berbeda seperti minimalis, mediterania, tropis, nuansa alam, dan sebagainya. Setiap tipe rumah memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga akan berpengaruh pada biaya borongan.

2. Hitung Luas Bangunan

Langkah selanjutnya adalah menghitung luas bangunan yang ingin dibangun. Perhitungan luas bangunan ini penting karena akan menjadi dasar untuk menentukan biaya borongan bangun rumah per m2. Luas bangunan dapat dihitung dengan mengalikan panjang dan lebar bangunan.

3. Tentukan Jenis Material yang Digunakan

Jenis material yang digunakan sangat mempengaruhi biaya borongan bangun rumah per m2. Pilihlah material yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Ada beberapa jenis material yang umum digunakan seperti batu bata, beton, kayu, dak beton, genteng, dan sebagainya.

4. Pilih Jasa Tukang Bangunan yang Profesional

Pilihlah jasa tukang bangunan yang profesional dan terpercaya untuk membangun rumah. Tukang bangunan yang baik akan memberikan hasil pekerjaan yang berkualitas sehingga rumah akan tahan lama. Pastikan untuk memilih jasa tukang bangunan yang memiliki pengalaman dalam membangun rumah.

5. Tentukan Biaya Material

Setelah menentukan jenis material yang digunakan, hitung biaya material yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Biaya material dapat dihitung dengan mengalikan harga material dengan jumlah material yang dibutuhkan.

Baca Juga  Wow! Menikah Dengan Rincian Biaya 15 Juta: Ikuti Tips Dan Trik Hemat Untuk Pesta Pernikahan Impianmu!

6. Hitung Biaya Jasa Tukang

Langkah terakhir adalah menghitung biaya jasa tukang. Biaya jasa tukang dapat dihitung dengan mengalikan harga jasa tukang dengan jumlah hari kerja yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Pastikan untuk melakukan negosiasi harga dengan jasa tukang yang dipilih.

7. Perhitungan Akhir

Setelah menentukan biaya material dan jasa tukang, lakukan perhitungan akhir untuk mengetahui biaya borongan bangun rumah per m2. Biaya borongan dapat dihitung dengan menjumlahkan biaya material dan biaya jasa tukang, kemudian dibagi dengan luas bangunan.

Kesimpulan

Menentukan biaya borongan bangun rumah per m2 membutuhkan perencanaan dan perhitungan yang matang. Pastikan untuk memilih tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Selain itu, pilihlah jenis material dan jasa tukang yang profesional dan terpercaya untuk membangun rumah. Dengan melakukan perhitungan yang akurat, Anda dapat membangun rumah impian dengan biaya borongan yang terjangkau.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *