Perhitungan Biaya Membuat Paspor: Berapa Yang Harus Dikeluarkan?

  • Bagikan

Biaya Bikin Paspor 1

Panduan Biaya Bikin Paspor: Langkah Demi Langkah

Paspor merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh pemerintah untuk mengidentifikasi kepemilikan seseorang atas kewarganegaraannya. Paspor ini sangat penting untuk dimiliki apabila seseorang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, untuk mendapatkan paspor ini, diperlukan biaya yang harus dibayar terlebih dahulu. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara Biaya Bikin Paspor serta beberapa topik yang berhubungan dengan paspor dan biayanya.

1. Persyaratan Mendapatkan Paspor

Sebelum membicarakan tentang Biaya Bikin Paspor, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan paspor. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

– Warga negara Indonesia
– Sudah berusia minimal 17 tahun
– Memiliki kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku
– Memiliki akta kelahiran atau akta perkawinan
– Membayar biaya paspor yang diperlukan

2. Jenis Paspor yang Tersedia

Sebelum mengurus paspor, penting untuk mengetahui jenis-jenis paspor yang tersedia. Ada tiga jenis paspor yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia, yaitu:

– Paspor biasa
– Paspor diplomatik
– Paspor dinas

Paspor biasa adalah jenis paspor yang diterbitkan untuk warga negara Indonesia yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri untuk kepentingan pribadi. Sedangkan, paspor diplomatik dan dinas diterbitkan untuk pejabat negara dan pegawai negeri yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk kepentingan dinas.

3. Cara Mengurus Paspor

Setelah mengetahui jenis-jenis paspor yang tersedia, langkah selanjutnya adalah mengurus paspor. Berikut adalah langkah-langkah mengurus paspor:

– Siapkan dokumen persyaratan yang diperlukan
– Buat janji temu dengan kantor imigrasi terdekat atau kantor imigrasi yang ditunjuk
– Datang ke kantor imigrasi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
– Isi formulir permohonan paspor
– Lakukan pembayaran biaya paspor sesuai dengan jenis paspor yang akan diterbitkan
– Tunggu proses pencetakan paspor selesai
– Ambil paspor di kantor imigrasi atau melalui pengiriman pos

Baca Juga  Menyingkap Biaya Pondok Pesantren An Nur Malang: Berapa Yang Harus Dianggarkan Untuk Pendidikan Islami Yang Berkualitas?

4. Biaya Bikin Paspor

Setelah mengetahui cara mengurus paspor, penting untuk mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan paspor. Biaya paspor ini tergantung dari jenis paspor yang diterbitkan dan juga status pembayaran. Berikut adalah biaya paspor yang harus dibayarkan:

– Paspor biasa: Rp 355.000 (status pembayaran reguler) atau Rp 655.000 (status pembayaran kilat)
– Paspor diplomatik: Gratis (diterbitkan untuk pejabat negara)
– Paspor dinas: Gratis (diterbitkan untuk pegawai negeri)

5. Cara Pembayaran Biaya Paspor

Pembayaran biaya paspor bisa dilakukan melalui beberapa cara, antara lain:

– Pembayaran tunai di kantor imigrasi
– Pembayaran melalui bank
– Pembayaran melalui aplikasi mobile banking

6. Masa Berlaku Paspor

Setelah mendapatkan paspor, penting untuk mengetahui masa berlakunya. Paspor biasa memiliki masa berlaku selama lima tahun, sedangkan paspor diplomatik dan dinas memiliki masa berlaku yang berbeda-beda tergantung dari kepentingannya.

7. Mengurus Ulang Paspor

Apabila masa berlaku paspor sudah habis, maka harus mengurus ulang paspor dengan membayar biaya yang sama seperti ketika pertama kali mengurus paspor. Namun, jika ingin mengganti paspor yang masih berlaku karena terdapat kesalahan dalam data, maka harus membayar biaya yang berbeda.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara Biaya Bikin Paspor, mulai dari persyaratan, jenis-jenis paspor yang tersedia, cara mengurus paspor, biaya paspor, cara pembayaran biaya paspor, masa berlaku paspor, dan cara mengurus ulang paspor. Semoga informasi ini dapat membantu untuk mengurus paspor dengan lebih mudah dan efisien.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *