Perlu Diketahui: Biaya Balik Nama Dan Mutasi Motor Yang Perlu Anda Bayar

  • Bagikan

Biaya Balik Nama Dan Mutasi Motor 1

Panduan Langkah Demi Langkah Biaya Balik Nama Dan Mutasi Motor

Saat akan membeli motor bekas, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah balik nama dan mutasi motor. Balik nama motor adalah proses penggantian nama pemilik kendaraan dari yang lama ke yang baru, sedangkan mutasi motor adalah perubahan data kendaraan seperti alamat, warna, dan lain-lain. Proses ini perlu dilakukan agar kendaraan bisa sah dan bisa digunakan dengan aman. Namun, banyak orang yang merasa bingung mengenai biaya balik nama dan mutasi motor. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas panduan langkah demi langkah beserta biaya yang harus dibayarkan dalam proses balik nama dan mutasi motor.

1. Persiapan Dokumen Penting

Sebelum melakukan balik nama dan mutasi motor, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen penting yang dibutuhkan, antara lain:

– Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli yang masih berlaku
– Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli pemilik kendaraan yang akan dijadikan sebagai penerima kendaraan
– Kartu Keluarga (KK) asli sebagai bukti bahwa pemilik kendaraan dan penerima kendaraan memiliki hubungan keluarga (jika ada)
– Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli
– Surat Kuasa (jika Anda tidak bisa hadir secara langsung)

Pastikan semua dokumen tersebut telah lengkap dan asli.

2. Cek Biaya Balik Nama dan Mutasi Motor

Setiap daerah memiliki biaya balik nama dan mutasi motor yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengecekan biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan daerah tempat tinggal Anda. Anda bisa mengeceknya di website resmi Samsat setempat atau datang langsung ke kantor Samsat.

3. Proses Balik Nama

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam proses balik nama:

Baca Juga  Menelusuri Biaya Nikah Adat Bali: Tradisi Eksotis Yang Memukau Dengan Anggaran Yang Terjangkau

a. Datang ke Kantor Samsat

Datanglah ke kantor Samsat setempat dan ambil nomor antrian untuk melakukan proses balik nama. Jika Anda tidak bisa hadir secara langsung, bisa menggunakan jasa calon pemilik kendaraan melalui surat kuasa.

b. Verifikasi Dokumen

Setelah dipanggil, serahkan dokumen yang sudah disiapkan pada petugas. Petugas akan melakukan verifikasi dokumen dan mencocokkan data kendaraan dengan dokumen yang Anda berikan.

c. Pembayaran Biaya Balik Nama

Setelah dokumen dan data kendaraan terverifikasi, petugas akan memberikan rincian biaya balik nama. Setelah itu, Anda bisa membayar biaya tersebut.

d. Pemasangan Tanda Nomor Baru

Setelah proses pembayaran selesai, petugas akan memberikan tanda bukti pembayaran dan tanda nomor baru yang harus dipasang pada kendaraan Anda.

4. Proses Mutasi Motor

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam proses mutasi motor:

a. Datang ke Kantor Samsat

Datanglah ke kantor Samsat setempat dan ambil nomor antrian untuk melakukan proses mutasi motor. Jika Anda tidak bisa hadir secara langsung, bisa menggunakan jasa calon pemilik kendaraan melalui surat kuasa.

b. Verifikasi Dokumen

Setelah dipanggil, serahkan dokumen yang sudah disiapkan pada petugas. Petugas akan melakukan verifikasi dokumen dan mencocokkan data kendaraan dengan dokumen yang Anda berikan.

c. Pembayaran Biaya Mutasi Motor

Setelah dokumen dan data kendaraan terverifikasi, petugas akan memberikan rincian biaya mutasi motor. Setelah itu, Anda bisa membayar biaya tersebut.

d. Pemasangan Tanda Nomor Baru

Setelah proses pembayaran selesai, petugas akan memberikan tanda bukti pembayaran dan tanda nomor baru yang harus dipasang pada kendaraan Anda.

5. Biaya Balik Nama Motor

Biaya balik nama motor berbeda-beda tergantung dari daerah dan jenis kendaraan yang akan dibalik nama. Berikut ini adalah perkiraan biaya balik nama motor:

Baca Juga  Rincian Biaya Dan Cara Mengganti LCD Oppo A3S Yang Rusak

– Balik Nama Motor Bebek: Rp 250.000 – Rp 300.000
– Balik Nama Motor Matic: Rp 350.000 – Rp 400.000
– Balik Nama Motor Sport: Rp 500.000 – Rp 600.000

6. Biaya Mutasi Motor

Biaya mutasi motor juga berbeda-beda tergantung dari daerah dan jenis kendaraan yang akan dimutasi. Berikut ini adalah perkiraan biaya mutasi motor:

– Mutasi Motor Bebek: Rp 150.000 – Rp 200.000
– Mutasi Motor Matic: Rp 250.000 – Rp 300.000
– Mutasi Motor Sport: Rp 400.000 – Rp 500.000

7. Kesimpulan

Balik nama dan mutasi motor adalah proses yang perlu dilakukan agar kendaraan bisa sah dan bisa digunakan dengan aman. Pastikan untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap, memeriksa biaya balik nama dan mutasi motor, dan melakukan proses tersebut dengan tepat. Dengan mengetahui panduan langkah demi langkah dan biaya yang harus dibayarkan, proses balik nama dan mutasi motor tidak akan menjadi hal yang sulit dan membingungkan lagi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *