Rincian Biaya Dan Prosedur Perpanjang SIM C Di Indonesia

  • Bagikan

Berapa Biaya Perpanjang Sim C 1

Cara Perpanjang Sim C serta Biayanya

Ketika masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) telah habis, maka diperlukan perpanjangan SIM agar tetap bisa mengemudi dengan legal. Ada beberapa langkah yang harus dilalui dalam proses perpanjangan SIM, serta biaya yang harus dikeluarkan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara perpanjang SIM C serta biayanya.

Langkah 1: Mengumpulkan persyaratan

Sebelum memperpanjang SIM C, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

1. SIM C yang akan diperpanjang harus dalam keadaan masih berlaku atau telah habis masa aktifnya tidak lebih dari 30 hari.

2. KTP asli dan fotokopi.

3. Fotokopi SIM C.

4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

5. Pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.

Langkah 2: Membayar biaya perpanjangan SIM C

Setelah persyaratan terpenuhi, langkah selanjutnya adalah membayar biaya perpanjangan SIM C. Biaya perpanjangan SIM C tahun 2021 adalah sebesar Rp 135.000. Biaya ini bisa berbeda-beda tergantung dari wilayah dan jenis SIM yang akan diperpanjang.

Langkah 3: Mendaftar ke kantor Samsat

Setelah membayar biaya perpanjangan SIM C, langkah selanjutnya adalah mendaftar ke kantor Samsat. Pembayaran biaya perpanjangan SIM C bisa dilakukan di kantor Samsat atau melalui aplikasi Samsat Online.

Langkah 4: Mengisi formulir

Setelah mendaftar di kantor Samsat, kamu akan diberikan formulir perpanjangan SIM C. Formulir ini harus diisi dengan lengkap dan benar. Pastikan tidak ada kesalahan dalam mengisi formulir.

Langkah 5: Verifikasi data

Setelah formulir diisi, petugas akan melakukan verifikasi data. Petugas akan memverifikasi data yang telah diisi dalam formulir, meliputi data pribadi dan data pemilik kendaraan.

Langkah 6: Mencetak SIM C baru

Jika semua data telah terverifikasi dengan benar, maka SIM C baru akan dicetak. SIM C baru ini memiliki masa aktif sesuai dengan jenis SIM C yang diperpanjang. SIM C jenis A1, A2, dan A3 memiliki masa aktif selama 5 tahun, sedangkan SIM C jenis B1, B2, dan B2U memiliki masa aktif selama 6 tahun.

Baca Juga  Kenali Biaya Hidup Di Semarang: Tips Berhemat Dan Menyesuaikan Anggaran!

Langkah 7: Mengambil SIM C baru

Setelah SIM C baru dicetak, kamu harus mengambil SIM C baru di kantor Samsat. Jangan lupa membawa KTP asli dan fotokopi serta fotokopi SIM C lama, SKCK, dan pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar pada saat mengambil SIM C baru.

7 Topik Terkait dengan Biaya Perpanjang SIM C

1. Jenis-jenis SIM C
2. Persyaratan perpanjangan SIM C
3. Biaya perpanjangan SIM C tahun 2021
4. Cara pembayaran biaya perpanjangan SIM C
5. Samsat Online sebagai alternatif pembayaran biaya perpanjangan SIM C
6. Proses perpanjangan SIM C secara online
7. Konsekuensi jika tidak memperpanjang SIM C yang telah habis masa berlakunya

Kesimpulan

Proses perpanjangan SIM C terbilang cukup mudah, namun kamu harus memperhatikan persyaratan yang harus dipenuhi. Biaya perpanjangan SIM C pun tidak terlalu mahal, sebesar Rp 135.000. Penting bagi kamu untuk memperpanjang SIM C agar tetap bisa mengemudi dengan legal dan terhindar dari sanksi dari pihak berwajib.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *